Masyarakat Tentang PILKADA…  

Posted by heru mudiyanto in

Masyarakat Tentang PILKADA…

PILKADA ( Pemilihan Kepala Daerah ),memang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia saat ini.pemilihan ketua daerah secara langsung adalah bentuk demokrasi yang terlahir di negeri ini.Namun bagaimana pendapat mengenai PILKADA ini?,apakah Masyarakat mendukung pemilihan ini?,dan bagaimana pendapat masyarakat tentang para calon pilkada?

Berikut adalah beberapa opini dari masyarakat,saya ambil opini ini menghadapi PILKADA di daerah saya sendiri yaitu Kab. Cirebon,berikut adalah pendapat masyarakat tentang PILKADA Cirebon..(sebenarnya poling ini,tidak saya tanyakan secara serius dan resmi sekali,{saya tanyakan opini ini dalam keadaan rileks dan santai.}.karena takut menyinggung pihak-pihak tertentu..akan tetapi data opini ini tidak merupakan hasil rekayasa,dan ini adalah benar opini-opini yang dikeluarkan oleh masyarakat. )

{Bagaimana pendapat anda tentang pilkada,dan anda sudah menentukan pilihan belum?}

Sopir angkot : “waduh ya mbuh ya her (nyebut nama saya”heru” ),kita ora ngurus,..kita milih kang ngupai duit bae lah…toh lamun wis kepilih masa kelingana ning kita-kita..”

(waduh ga tau her(nyebut nama saya”heru” ),saya ga peduli,..saya milih yang ngasih uang saja lah..toh kalo kepilih ( jadi pemimpin daerah )..ga bakal inget sama kita-kita ..){ waduh berat nih…masa milih orang kaya gitu sih mas…ntar daerah kita dipenuhi orang2 yang suka nyogok donk…}

Murid : “MM..kalo nentuin pilihan sih belum,tapi yang pasti saya ga akan milih …. { nyebutin salah satu nama kandidat } karena… { nyebutin alesannya yang intinya sang kandidat ga mungkin bisa memajukan Cirebon } ya dah yang penting dah ada bayangan ya mas/mba…

Ulama :”saya tegasin di sini,kalo saya secara pribadi kemungkinan tidak akan memilih siapa-siapa,saya tegaskan kemungkinan saya tidak memilih siapa-siapa,karena menurut saya tidak ada yang mampu dan mau memimpin rakyat,tidak ada yang mampu mengayomi rakyat.saya kira meraka hanya mengincar sebuah jabatan…{waduh pak…kalo semua warga ga milih..lha terus yang jadi kepala daerah siapa nanti?...}

PNS : “ya tergantung program-programnya ja nanti,pi mudah-mudahan ga ada yang cuman obral janji,.kan kita Cuma bisa nilai mereka dari program-programnya aja.. {BENER TU PAK/BU…PARA PEMIMPIN JANGN OBRAL JANJI YA…}

Nah dari analisis saya ternyata banyak pendapat negatif tentang PILKADA ini,Masyarakat tidak percaya sepenuhnya dengan para calon-calon pemimpin daerah ( dalam hal ini para calon Bupati ).Memang hal itu dapat dimaklumi karena ya..bukan rahasia lagi kalau banyak para pemimpin yang menjanjikan hal-hal yang sangat banyak namun dalam realitanya nihil..

Tentunya masyarakat sangat kecewa dengan hal itu.Dan tampaknya cap pengobral janji tak bisa lepas dari para calon- pemimpin daerah kita { padahal kan belom tentu bener lo pak/bu..seharusnya kita berpikir positif tentang para calon pemimpin kita}

This entry was posted on Minggu, 13 Juli 2008 at Minggu, Juli 13, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar